PASAR RAKYAT, BENTUK PERHATIAN NYATA DARI PEMERINTAH KEPADA UMKM

Pasar Rakyat yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Yogyakarta  di awal tahun 2020 ini seakan menjadi angin segar bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM). Pasalnya semakin menjamurnya industri kreatif di Yogyakarta juga memicu pertumbuhan dan perkembangan usaha-usaha baru itu sendiri.

Melihat pameran produk lokal UKM yang diselenggarakan pada tanggal 7-9 Januari 2020 di alun-alun Sewadanan, Pakualaman yang bertemakan Pasar Rakyat, tentu ini menjadi sinyal baik dalam usaha pemerintah untuk memulihkan dan mengangkat kembali produk lokal untuk semakin dikenal oleh masyarakat terutama di kota Yogyakarta sendiri. Lokasi pameran yang mudah dijangkau dan strategis karena berada di tengah kota yang menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara. Emang pas banget saat liburan bisa sambil belanja.

Pada Pasar Rakyat ini memamerkan berbagai produk unggulan dari UMKM yang ada di Yogyakarta. Ada pameran kuliner : olahan ikan, pudding, dawet jenang, bakso tahu, kopi, teh, bawang hitam, aneka bumbu dapur siap saji, jamu-jamuan, aneka minuman, dll. Untuk fashion: ada batik, eco printm jumputan, dll. Tak lupa juga ada Craft: asesoris, kerajinan kulit, dll. Pokoknya komplit dan memanjakan mata sekali!!

Memang event yang merakyat seperti ini udah sulit dijumpai di kota-kota besar saat ini, apalagi makin banyak produk yang dijual secara online. Sehingga pas banget buat mengobati kejenuhan berbelanja online dan kembali bercengkrama dengan para penjual secara offline.

Banyak ide kreatif yang berkumpul di event ini, salah satunya adalah komunitas Kriya srikandi. Ibu-ibu kreatif produktif yang menyalurkan hobi mereka dalam komunitas ini. Mereka merupakan para ibu-ibu dari berbagai profesi, ada yang pengacara, dokter, guru, konsultan. Tapi semangat untuk berwirausaha di usia mereka saat ini patut mendapatkan apresiasi lebih. Saya pun berkesempatan untuk berfoto dengan para ibu-ibu yang sangat inspiratif ini.

Komunitas Wirausaha Kriya Srikandi

Produk yang dihasilkan komunitas ini pun beragam, tak hanya kuliner tetapi juga ada fashionnya. Dan yang paling menarik perhatian saya tadi adalah produk Batik kukus mereka. Namanya menarik dan bikin  penasaran ya?? Sama saya juga…

Tapi sayang, saking larisnya saya belum beruntung mencicipi produk ini. Tapi saya sempat foto kemasannya dan berharap dapat order via whatsapp saja..hehe

BatikKukus

Mungkin temen-temen penasaran apa sih kukus batik itu??

Batik kukus ini ternyata donat yang diberi topping dengan gambar batik diatasnya, dicetak gitu gambar batiknya. Indonesia Banget! Deh pokoknya…Luv

Yuk, lanjut ke pameran berikutnya yang unik dan menarik. Ada pelaku UKM yang berjualan bumbu instant siap pakai dan ini semua alami. Gak perlu repot-repot lagi untuk uleg-uleg gitu deh. Udah gak jaman kali ya..hehe

Bumbu dapur instant

Nama UKM-nya LULUVE Drink. Lebih menjual minuman sehat, jamu, minuman organik gitu. Tapi menariknya produk yang dijual tak hanya minuman saja, tapi dari bahan baku utama yang sudah berupa bubuk seperti kunyi, jahe, laos juga ada lho… Kebayang gak gimana praktisnya, nguleg laos aja syusahnya minta ampun, ini udah tinggal pake aja. Gills banget ini mah!

Dengan kemasan botolnya itu semakin bikin produk organik lokal ini naik kelas banget. Yang biasanya hanya diselipin di antara bumbu dapur lainnya. Ini dong, jadi bisa dipampang nyata dengan rapih di dapur kamu.

Puas berkeliling, kirain bakal gak ada yang menarik lagi. Eh, masih ada yang bikin berdecak kagum lagi.

Pasti kamu juga penasaran kan? Yup, ini adalah Sepatu dari bahan kulit yang sudah bermotif eco print.

Cantiiikk banget! Kok ada aja ya ide mereka..hihi

Sepatu kulit eco print

Gak Cuma sepatu tapi ada dompetnya juga lho, bisa banget buat kamu yang anak-anak artsy gitu buat tampil beda dan iconik.

Sebenarnya masih banyak produk lokal lainnya dan pengen nyoba semuanya. Cuma tidak mungkin untuk di review satu per satu. Padahal semuanya keren dan emang udah selayaknya mendapatkan apresiasi dari kita semua tak hanya pemerintah.

Karena selain ada pameran produk lokal, di event Pasar Rakyat ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti senam massal, sepeda santai yang diadakan pada puncak acara tanggal 9 Januari 2020.

Bahkan event ini gak hanya berakhir di siang hari lho, sampai malem booook.. Karena ada orgen tunggalnya juga di malam minggu sebagai bentuk hiburan untuk seluruh tenant dan pengunjung maupun warga sekitar. Ini budaya Indonesia banget yah, Guyub lan Rukun.

Yuk, Berdayakan Pasar Rakyat, Dampingi pelaku UKM-nya, Beli produknya, agar semakin naik kelas dan meningkat kreativitasnya!

Dan…Kalau ada event seperti ini lagi mari kita dukung dan hadir ya teman-teman. Agar produk UMKM semakin dikenal dan bisa menjadi pilihan terbaik untuk kita semua.

Leave a comment